• MTSN 2 GARUT
  • MADUGAR IS PRIMA

6 Manfaat Metode Pembelajaran Game Based Learning

6 Manfaat Metode Pembelajaran Game Based Learning

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Loss learning atau ketidakmampuan belajar adalah istilah yang mengacu pada hilangnya pengetahuan dan keterampilan secara umum atau khusus atau kemunduran proses belajar karena beberapa kondisi. Kondisi tersebut antara lain libur panjang dalam kalender sekolah, peserta didik putus sekolah karena kemiskinan, dan penutupan sekolah tatap muka akibat pandemi. Akibat terlalu lama pembelajaran online, peserta didik dikhawatirkan mengalami loss learning.

Selama dua tahun lamanya pemerintah telah mengubah berbagai aspek dalam dunia pendidikan. Hal ini tidak hanya memindahkan pembelajaran dari ruang kelas ke layar komputer rumah masing-masing, tetapi juga memeriksa ide-ide dasar tentang fokus, peran teknologi, dan bagaimana peserta didik, guru, dan orang tua berinteraksi untuk kegiatan belajar-mengajar.

Langkah kolaborasi aktif dari setiap peserta didik untuk menerapkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui pembelajaran berbasis proyek, termasuk melalui presentasi, diskusi, studi kasus, debat atau alternatif lainnya yaitu metode pembelajaran berbasis game edukasi diharapkan dapat menjadi solusi dalam memecahkan masalah mengenai dampak buruk dari loss learning seperti yang telah dijelaskan di atas.

Pembelajaran bermakna sesuai dengan tujuan dari kurukulum merdeka sangat cocok jika para guru bisa lebih menerapkan metode pembelajaran berbasis game sehingga akan membentuk suasana kelas yang lebih interaktif, menyenangkan, dan tentunya akan lebih memberikan kebahagiaan kepada peserta didik dalam proses belajar mengajar di kelas. Ketegangan dalam pembelajaran online yang selama ini digembor-gemborkan setidaknya akan berkurang ketika peserta didik di kelas mulai berangsur pulih dikarenakan belajar yang diimbangi dengan tertawa penuh kegembiraan.

Game edukasi merupakan metode pembelajaran baru yang dikatakan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik  dan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran dengan menggunakan  metode pembelajaran berupa permainan yang seru. Pembelajaran berbasis game adalah metode pembelajaran yang menggunakan aplikasi game yang telah dirancang khusus untuk membantu  proses pembelajaran. Dengan menggunakan pembelajaran berbasis permainan, kita dapat merangsang tiga bagian penting dari pembelajaran, yaitu emosional, intelektual dan psikologis.

Metode pembelajaran berbasis permainan ini merupakan jenis metode pembelajaran yang biasa digunakan dan diterapkan oleh guru di dalam kelas. Game berbasis pembelajaran pertama kali dikembangkan oleh David de Vries dan Keith Edward. Pembelajaran berbasis game adalah metode pembelajaran yang menggunakan dan melibatkan aplikasi game yang dirancang khusus untuk mendukung pembelajaran peserta didik. Sebagai alternatif lainnya aplikasi game ini diterapkan melalui digital.

Secara keseluruhan, metode pembelajaran ini dirancang untuk menyeimbangkan materi pembelajaran yang diajarkan guru dengan permainan dan kemampuan peserta didik untuk menerapkan pembelajaran tersebut ke dunia nyata. Game atau aplikasi yang termasuk dalam metode pembelajaran berbasis game ini berguna untuk meningkatkan kemampuan berpikir imajinatif peserta didik.

Dengan melakukan game berkelompok, maka peserta didik akan merasakan bahwa belajar itu asyik dan menyenangkan. Game ini bisa dilakukan sesudah atau sebelum belajar, sesuai dengan kebutuhan. Terdapat 6 (enam) langkah dalam metode pembelajaran bermain, (1) menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik. (2) Menyajikan informasi. (3) Mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok-kelompok belajar. (4) Membimbing kelompok belajar.

Rekomendasi game edukasi untuk peserta didik MTs khususnya mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

  1. Game tebak kata.
  2. Game menebak gambar.
  3. Game memecahkan masalah.
  4. Game sambung kata
  5. Game belajar dengan sistem kuis.

Berikut ini adalah 6 manfaat menerapkan game based learning di kelas:

  1. Meningkatkan kreativitas dan mengembangkan pola pikir.
  2. Melatih dan meningkatkan konsentrasi konsentrasi belajar siswa.
  3. Menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi siswa.
  4. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan berinteraksi dengan siswa.
  5. Meningkatkan semangat kompetisi serta kerjasama antar tim agar lebih termotivasi.
  6. Menciptakan lingkungan belajar yang kreatif, inovatif dan menyenangkan untuk merangsang semangat belajar.

Daftar Pustaka

Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya guru dalam membangun interaksi siswa melalui metode belajar sambil bermain [teacher's efforts in building student interaction using a game based learning method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education3(2), 146-163.

Wibawa, A. C. P., Mumtaziah, H. Q., Sholaihah, L. A., & Hikmawan, R. (2021). Inovasi game-based learning sebagai solusi percepatan adaptasi belajar masa new normal. INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education)3(1), 17-22.

Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan10(3), 198-206.

.

Biodata

Nurul Jubaedah lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan  : D1 Akuntansi (1995), S1 PAI UNIGA ( 2001), S1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S2 PAI UIN SGD Bandung (2012). Prestasi : Pembimbing KIR : Membimbing 27 judul Karya Ilmiah Remaja kategori sosial budaya, menghantarkan peserta didik juara 1,2,3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat Provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat Nasional)  (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 di GTK Madrasah (2021), lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022). Karya : 4 buku solo, 20 buku  antologi (Januari-November 2022). Memiliki 750 konten pendidikan di canal youtube dan 100 artikel (Oktober 2021-November 2022). Blog :  http://nuruljubaedah6.blogspot.com/. Instagram (nj_78). Email :  nuruljubaedah6@gmail.com. Whatsapp : 081322292789.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Solialisasi Emis 4.0 di Youtube Pendis Channel

(oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag) Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah melakukan sosialisasi sistem EMIS 4. 0 pada 30 Januari 2025, pukul 13. 30 &ndas

30/01/2025 20:45 - Oleh Administrator - Dilihat 226 kali
Dari SIMPATIKA ke EMIS: Tantangan Adaptasi Guru Madrasah dalam Era Digitalisasi

(Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag,S.Pd.,M.Ag) Dari SIMPATIKA ke EMIS Perkembangan teknologi membawa perubahan signifikan dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Salah satu transformasi y

30/01/2025 20:43 - Oleh Administrator - Dilihat 221 kali
Meraih Bintang Menuju Perubahan

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut) Meraih Bintang Guru harus memiliki ruh “bintang” karena ia selalu menerangi kegelapan peradaban  manu

05/01/2023 04:10 - Oleh Administrator - Dilihat 954 kali
Meraih Bintang Menuju Perubahan

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut) Meraih Bintang Guru harus memiliki ruh “bintang” karena ia selalu menerangi kegelapan peradaban  manu

05/01/2023 04:09 - Oleh Administrator - Dilihat 406 kali
Korelasi SRA dengan Sekolah Inklusi

Korelasi SRA dengan Sekolah Inklusi Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut) Salah satu tujuan dikembangkannya kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA) adalah mampu

17/11/2022 08:10 - Oleh Administrator - Dilihat 387 kali